Student Association of Food Science and Technology

Divisi Profesi – Explore You

Divisi Profesi – Explore You

IMG-20151123-WA0002

Bertemu dengan sosok Rarasari Clorinita Utomo merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi penulis. Pembawaannya yang santai namun cerdas, blak-blakan dan tegas merupakan ciri khas perempuan asal Rembang ini. Memegang amanah sebagai Kadiv Profesi Himitepa merupakan amanah yang tak dapat ia lupakan. Di sini ia berkontribusi penuh untuk membimbing mahasiswa ITP menuju profesionalitas mereka. Usahanya dalam meningkatkan keprofesian mahasiswa ITP dijabarkannya dalam beberapa proker.

Mulai dari Food Processing Club (FPC), yaitu tempat menampung minat memasak mahasiswa ITP. Tahun ini dilaksanakan sebanyak 5 kali dengan tema yang berbeda, tanggal 22 November tercatat sebagai kegiatan terakhir FPC divisi profesi. Mahasiswa ITP yang memiliki passion memasak bisa mengembangkan kemampuan mereka dan menunjukkan bahwa lulusan ITP tidak hanya bisa bekerja dalam lab maupun pabrik, tetapi juga di dapur.

IMG-20151123-WA0000

 Food Processing Club

Workshop lomba DSDC dan PKM bertujuan membuka cakrawala pengetahuan bagi mahasiswa ITP. Bisa juga dijadikan sebagai ajang brainstorming ide-ide gila mahasiswa, yang dapat dipertanggung jawabkan sehingga patut untuk dilombakan. Workshop ini tidak hanya digelar dalam acara formal, tetapi juga terkadang sewaktu-waktu memberikan info-info penting yang dapat menggugah motivasi untuk berpartisipasi, meningkatkan minat dan daya saing mahasiswa ITP di luar. Perjuangan divisi profesi tak hanya sampai situ saja, mereka juga mengabarkan kondisi terbaru tentang lomba yang dimaksud dan juga menjalin kerjasama dengan Departemen ITP bahkan Rektorat sebagai perpanjangan tangan yang dapat menjangkau mahasiswa secara langsung.

IMG-20151123-WA0001FoodTalk menghadirkan expert yang akan membahas isu dan mitos di bidangnya. Tempat ini sebagai ajang diskusi Mahasiswa ITP dalam membahas suatu produk pangan. Ilmu-ilmu baru akan didapat sesuai dengan klarifikasi narasumber, meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum, serta meningkatkan kemampuan komunikasi mahasiswa ITP.download

Food Campaign diperingati terutama saat  Hari Pangan Dunia yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Kemarin divisi profesi berusaha memperkenalkan keunggulan pangan lokal seperti singkong kepada masyarakat luas. Produk olahan yang diperkenalkan yaitu sawut, atau singkong parut yang diberi gula jawa, kemudian dikukus. Maraknya pangan luar membuat masyarakat lupa akan potensi dalam negeri. Dari situlah profesionalisme ahli pangan Indonesia pada akhirnya ditunjukkan.

I-Visit merupakan kegiatan kunjungan industri dalam rangka memperkenalkan lapangan kerja bagi mahasiswa ITP. Akhir Juni lalu angkatan 49 dan 50 sebagai angkatan aktif yang telah mendaftar kegiatan ini pergi mengunjungi produsen Yakult dan MilkCo. Info Lomba adalah proker terakhir profesi dalam mengumpulkan info lomba nasional dan internasional, dikoordinasikan bersama Biro Kominkes.

“FPC adalah proker yang seringkali bermasalah. Terkadang jadwal kita yang kurang sesuai dengan laboran, atau jadwal yang mendadak diganti, kadang gara-gara jadwal yang bentrok pesertanya jadi sedikit. FPC juga perlu diperdalam lagi prosesnya, karena selama ini hanya sekedar masak bukan ke pengolahannya” tutur Orin ketika ditanya tentang kekurangan prokernya satu tahun ke belakang.

Untuk Divisi Profesi selanjutnya Orin berpesan semoga tujuan mengembangkan profesionalitas mahasiswa ITP bisa tercapai melalui proker-proker yang luar biasa. Ia juga menambahkan untuk Himitepa periode selanjutnya agar terjadi saling bantu-membantu antar divisi, karena dalam satu tahun ini di Himitepa Orin merasa adanya pengkotak-kotakan divisi sehingga antar anggota sendiri tidak begitu dekat. Bangun kepercayaan dan jangan sampai ada gap antar divisi, mulailah menumbuhkan rasa memiliki organisasi.

“Jangan takut jadi kadiv, disamping kita kurang kerjaan karena kita tidak memegang proker, paling kita cuma jadi tempat curhat, hehehe” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *