Student Association of Food Science and Technology

Eksternal – Build the Relation

Eksternal – Build the Relation

IMG-20151126-WA0004EKSTERNAL merupakan salah satu divisi di Himitepa dengan tugas  menjaga hubungan dengan pihak luar Himitepa ataupun dengan non mahasiswa. Kepala Divisi Ekternal Himitepa periode 2014-2015 adalah Gilang Indy Ashari. Gilang ditunjuk langsung oleh Aufar selaku Ketua Himitipa  periode 2014-2015. EKSTERNAL mempunyai 6 program kerja, diantaranya LCTIP, Access, Buletin, Database Alumni, Salam Hangat Himitepa, dan Seminar Nasional.

Proker Access merupakan acara yang bentuknya tidak tetap. Bisa diagendakan secara resmi seperti dalam bentuk seminar, atau acara yang sederhana seperti talkshow dan sharing. Tujuan utama dari Access itu untuk menyalurkan pengetahuan dan pengalaman dari para alumni ITP yang sukses mengenai dunia kerja. Program Access ini sangat berguna dalam memberikan gambaran masa depan bagi mahasiswa ITP setelah lulus kelak.

LCTIP atau Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan merupakan acara lomba tahunan mengenai ilmu MIPA dan ilmu pangan berskala nasional, diperuntukan untuk siswa SMA dan sederajat. Tahun ini LCTIP sudah memasuki usia ke 23. Pemenang dari LCTIP ini akan mendapatkan golden ticket untuk masuk Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor. Gebrakan baru yang Gilang, Tim Eksternal, dan panitia LCTIP laksanakan adalah  diadakannya online test. Peserta tahun ini lebih banyak dari sebelumnya, lebih menjangkau wilayah yang terpencil, sehingga meningkatkan taraf persaingan LCTIP. SMAN 2 Bandar Lampung berhasil merebut juara pertama di LCTIP XXIII November lalu.

IMG-20151126-WA0003

LCTIP XIII

Salam Hangat Himitepa merupakan proker yang waktunya tentatif dan cukup insidental. Contoh kegiatan proker ini yaitu menyambut tamu dari luar Himitepa serta memberikan ucapan ulang tahun kepada dosen yang berulang tahun.

IMG-20151126-WA0005

Salam Hangat Himitepa – Kunjungan Universitas Surya

Database Alumni, Eksternal mengelola dan mengumpulkan semua biodata dari semua alumni Himitepa. Sistem pengumpulan dilaksanakan bersama sama per divisi Himitepa.

National Food Tech Seminar sama seperti seminar pada umumnya, kegiatan ini mengundang pembicara yang ahli di bidang pangan. Setiap tahun seminar ini memiliki tema yang berbeda. Tanggal 6 Desember 2015, seminar ini mengundang Bapak F.G. Winarno beserta pembicara kompeten lain dalam membahas produk olahan dari susu. Seminar Nasional ini bertujuan untuk mempromosikan teknologi pangan.

20151209_144558

Get your Moo – for Healty Life

National Food Tech Seminal 2015

Buletin Himitepa, merangkum semua proker yang telah dijalanankan selama satu tahun. Buletin ini mencakup pressrelease untuk pihak luar, dalam rangka bentuk transparansi kerjasama.

Setiap proker memiliki hambatan atau kesulitan yang berbeda-beda. Namun secara umum, yaitu di bagian biaya karena sebagian proker merupakan acara besar. Selain itu, terdapat kesulitan dalam mengkoordinasikan para panitia dikarenakan panitia juga mempunyai kegiatan penting lainnya.

Kesuksesan dari setiap proker dapat dilihat dari lancarnya acara atau proker tersebut. Contohnya LCTIP, LCTIP merupakan proker yang paling sukses dan sangat diandalkan bagi divisi Eksternal. LCTIP tahun ini berjalan lancar, mendapat feedback yang positif dari para peserta, dan tentunya tahun ini diikuti oleh lebih banyak peserta dari tahun kemarin.

Selama di Himitepa, tentu Gilang merasakan suka dan duka. Dimulai dari sulitnya mencari biaya acara, sampai menetukan waktu kumpul di sela-sela kesibukan kuliah pengurus Himitepa. Namun, walaupun lelah fisik dan pikiran, terdapat kebahagiaan tersendiri saat berkumpul bersama para anggota Himitepa kepala divisi lain. “Tentunya apabila acara atau proker yang sedang diadakan berjalan dengan sukses, semua pasti senang” ungkapnya.

Harapan dari Gilang untuk divisi Eksternal kedepannya, semoga semakin kompak walaupun sudah mengakhiri kepengurusan. Untuk Himitepa semoga kekeluargaan antar anggota semakin terjaga dan semakin kompak ke depannya. Gilang berpesan agar diadakan proker khusus untuk para pengurus Himitepa. Dalam proker tersebut pengurus Himitepa bisa mengembangkan nilai akademik dan softskill mereka lebih dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *