Student Association of Food Science and Technology

FOOD ALERT : KLEPON

FOOD ALERT : KLEPON

Klepon adalah makanan tradisional Indonesia terbuat dari tepung beras ketan dan gula jawa dibalut dengan kelapa parut yang populer di ranah Jawa. Warna hijaunya yang khas merupakan hasil campuran adonan dengan pasta dari daun suji atau daun pandan, yang juga menghidupkan aroma dari klepon. Klepon sendiri terkenal di luar negeri seperti Malaysia dan Singapura, bahkan sampai Belanda! Umumnya, klepon dijual sebagai camilan atau street foods. Sifat kenyal klepon membuatnya kerap dibandingkan dengan mochi.

Kenyalnya klepon disebabkan kemampuan gelatinisasi dari tepung. Tepung yang mengandung pati dapat membentuk gel karena adanya amilosa dan amilopektin yang dapat mengikat air dan membentuk matriks kenyal. Kandungan amilopektin tepung ketan yang tinggi membentuk gel lebih baik karena kemampuan amilopektin menyerap air lebih baik daripada amilosa (Fennema 1996). Ketika dikukus, adonan dari klepon akan menjadi kompak tanpa kehilangan kekenyalannya. Selain itu, daun suji sendiri memiliki kemampuan untuk meningkatkan status antioksidatif tubuh (Prangdimurti et al. 2006). Daun suji memiliki komponen antioksidan lain yang dapat mencegah rusaknya klorofil suji. Dengan kombinasi antara komponen dan pengolahan yang baik, klepon dapat menjadi cemilan manis yang menyehatkan.

myhome_10

Sumber:

Fennema OR. 1996. Food Chemistry 4th ed. Boca Raton (US): CRC Pr.

Prangdimurti E, Muchtadi D, Astawan M, Zakaria FR. Aktivitas antioksidan ekstrak daun suji (Plomele angustifolia NE Brown). Jurnal. Teknol. dan Industri Pangan. 27(2): 79-86.

 

#FoodAlert
Salam,
Biro Komunikasi dan Informasi
HIMITEPA, WE CARE!

Line@ : @ybi2009s
Instagram : himitepaipb
www.himitepa.lk.ipb.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *