Student Association of Food Science and Technology

FPC: What The Food?!

FPC: What The Food?!

Tema 1: Confectionary

Food Processing Club merupakan salah satu program kerja Himitepa yang dikelola oleh Divisi Profesi, bergerak di bidang pengembangan minat dan kompetensi anggota Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan terkait dengan proses pengolahan pangan dan teknologinya. FPC dilaksanakan setiap 2 Minggu sekali di Laboratorium L2 Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, dengan tema yang berbeda-beda di setiap minggunya. Pada hari Minggu, 17 Maret 2013 yang lalu, FPC sudah melaksanakan kegiatan produksi pertamanya dengan tema Confectionary.

Produk Confectionary biasanya merupakan produk pangan yang mengandung gula yang sangat tinggi, sehingga pada umumnya memiliki rasa manis sebagai rasa yang dominan karena basis dari pembuatan produk ini adalah gula. Cokelat, permen, marshmallow dan nougat adalah contoh-contoh yang termasuk produk Confectionary. Tiga sub tema produk Confectionary yang diproduksi oleh para peserta FPC diantaranya Hard Candy, Soft Candy, dan Marshmallow. Karena terdapat 6 kelompok, maka setiap 2 kelompok membuat produk dengan subtema yang sama.

Hard Candy, atau yang bisa diartikan sebagai ‘permen keras’ pasti sudah sering kita konsumsi. Hard candy adalah salah satu produk Confectionary yang paling mudah untuk dibuat, karena tahapannya sangat sederhana. Gula yang dicampur dengan High Fructose Syrup dipanaskan sampai mencair, ditambahkan dengan perisa atau pewarna, kemudian didinginkan secara cepat agar membentuk tekstur keras hard candy. Namun, dalam pemanasan, api yang digunakan tidak boleh terlalu besar, karena dapat menyebabkan reaksi karamelisasi sehingga menimbulkan warna cokelat yang tidak diinginkan dalam produk. Ciri-ciri hard candy itu sendiri adalah bentuk fisiknya yang biasanya terlihat mengilap serta teksturnya yang keras, tidak rapuh. Kesalahan umum yang terjadi pada pembuatan hard candy diantaranya terbentuknya tekstur berpasir akibat rekristalisasi gula yang mulanya sudah dicairkan. Namun, hal ini dapat dicegah dengan penambahan High Fructose Syrup. Hard candy yang diproduksi pada kegiatan FPC pertama ini diantaranya Loly Everlasting (lolipop rasa strawberry yang dilapisi cokelat pada bagian luarnya) dan Grape Loly (lolipop rasa anggur yang dilapisi oleh cokelat putih dibagian luarnya).

Soft candy, yang biasa disebut sebagai ‘permen lunak’, merupakan produk confectionary yang memiliki tekstur lunak, chewy, dan terkadang teksturnya berserabut setelah dikunyah. Prinsip pembuatannya hampir mirip dengan hard candy, namun pendinginan produk soft candy dilakukan secara perlahan-lahan dan bertahap, sehingga tekstur lunak dapat diperoleh. Penambahan susu cair atau susu kental manis juga diperlukan, terkadang gelatin juga ditambahkan untuk membentuk tekstur yang menyerupai gel. Produk soft candy yang dikreasikan oleh peserta FPC diantaranya Soft Candy with Glazzing Coating (permen lunak yang dilapisi dengan glazzing strawberry-lemon, memiliki rasa yang segar dan tekstur yang chewy) dan Nougat Ceria (nougat dengan filling almond dan kismis, ditaburi Sukade diatasnya. Memiliki rasa yang sangat manis dan unik).

Marshmallow, adalah salah satu produk pangan confectionary yang sangat disukai oleh masyarakat karena keunikannya. Tekstur marshmallow yang keras di luar namun lunak di dalam merupakan hasil dari proses case hardeniing. Sangat sedikit produk pangan yang menginginkan terjadinya case hardening, salah satunya adalah marshmallow ini. Penambahan gelatin sangat penting dalam pembuatan marshmallow untuk membentuk teksturnya yang lunak. Diperlukan waktu pendinginan cukup lama (hingga 10 jam) sampai marshmallow benar-benar siap untuk dikonsumsi. Taburan gula halus digunakan dalam pembuatan marshmallow agar tidak menempel satu dengan yang lainnya. Produk marshmallow yang dikreasikan oleh para peserta FPC diantaranya adalah Snow Mountain Marshmallow (Marshmallow yang dibuat dalam cetakan tumpeng dan dihias sehingga terlihat sangat menarik) dan Fruity Marshmallow (Buah yang dilapisi oleh marshmallow sehingga memiliki rasa yang segar dan unik).

Demikianlah liputan tentang kegiatan FPC dengan tema Confectionary. Create what you want to eat, and let’s join FPC’s next production activity J! FPC: What The Food?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *