Student Association of Food Science and Technology

HACCP-PLASMA 2013

HACCP-PLASMA 2013

Pangan termasuk kebutuhan pokok dan memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia. Sehat, bergizi, nikmat adalah hal utama dalam pangan, namun tidak akan ada nilainya jika pangan tersebut tidak aman dikonsumsi. Ancaman keamanan pangan dapat disebabkan oleh bahaya cemaran fisik, biologis, maupun kimia. Keamanan pangan sudah menjadi pembicaraan khusus di dunia pangan internasional karena menyangkut akan hidup manusia. Namun selain keamanan pangan, hal lain yang berkaitan dengan nilai pangan adalah halal. Lebih dari setengah populasi penduduk di Indonesia adalah muslim, sehingga halal menjadi syarat pokok yang harus diperhatikan. Adanya label halal dalam suatu produk pangan menjadi suatu keharusan untuk menjamin kenyamanan konsumen. Selain dilihat dari kenyamanan segi rohani untuk umat muslim, halal juga menyangkut segi jasmani. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa dalam makanan yang termasuk kategori haram tidak baik untuk kesehatan. Hal ini menjadi alasan umat non muslim juga sudah menggemari makanan halal. Oleh karena itu, penjaminan kehalalan diperlukan untuk meyakinkan konsumen mengenai status makanan yang dikonsumsi.

Keamanan pangan dapat dicapai salah satunya melalui aplikasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control point). HACCP adalah suatu sistem kontrol dalam upaya pencegahan terjadinya masalah yang didasarkan atas identifikasi titik-titik kritis di dalam tahap penanganan dan proses produksi. Sistem ini merupakan salah satu bentuk manajemen resiko yang dikembangkan untuk menjamin keamanan pangan dengan pendekatan pencegahan yang dianggap dapat memberikan jaminan dalam menghasilkan makanan yang aman bagi konsumen. Selain membangun sistem keamanan pangan, sistem manajemen halal ( Plasma ) juga diperlukan. Hal ini mengingat bahwa dewasa ini pangan dituntut untuk memberikan jaminan pada konsumen tentang status pangan yang dikonsumsi. Jaminan ini harus bersifat menyeluruh dari tahap penyediaan raw material hingga tahap pengemasannya. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan yang mendasar dan menyeluruh dibutuhkan sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM yang berkompetensi untuk menjawab kebutuhan ini.

Fasilitas yang akan diperoleh peserta seminar :
1. Modul materi seminar
2. Seminar Kit
3. Snack
4. Makan siang
5. Sertifikat

Fasilitas yang akan diperoleh peserta pelatihan HACCP :
1. Modul materi pelatihan HACCP
2. Goody Bag
3. Sertifikat pelatihan
4. Foto bersama peserta pelatihan (dengan bingkai)
5. Snack dan coffee break
6. Makan siang

Fasilitas yang kan diperoleh peserta pelatihan Plasma :

1. Modul materi pelatihan Plasma
2. Goody Bag
3. Sertifikat pelatihan Plasma
4. Foto bersama peserta pelatihan yang telah dibingkai
5. Kunjungan ke industri
6. Snack dan coffee break
7. Makan siang

Mekanisme Pendaftaran :

Seminar Hari Sabtu, 11 Mei 2013.
1. Calon peserta yang akan melakukan pendaftran dapat langsung menghubungi Suadari Retri (085218224787)
2. Selanjutanya calon peserta seminar dapat melakukan pembayaran dengan cara menstranfer biaya pendaftaran ke rekening Bank Mandiri atas nama Lukman Taher dengan nomor rekening 133-001-102-493-2. Biaya yang dibayarkan calon peserta seminar harus sesuai dengan katagori calon peserta seminar.
3. Setelah melakukan transfer calon peserta seminar wajib melakukan konfirmasi ulang ke saudara Retri
4. Bukti pembayaran dan kartu tanda mahasiswa (KTM) atau identitas lainnya wajib dibawa saat seminar karena akan menjadi tiket untuk mengikuti kegitan seminar. Oleh karena itu bukti pembayaran harap disimpan setelah melakukan transfer.

Pelatihan HACCP dan Plsama
1. Calon peserta sebelum melakukan pendaftaran wajib melakukan konfirmasi ke saudara Ifa ( 085740707472) untuk pelatiahan HACCP dan konfirmasi kesaudara Rifqi ( 085781966458) untuk Pelatihan plasma. Konfirmasi dilakukan untuk mengecekan kouta pelatihan
2. Setelah melakukan konfirmasi calon peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran di website himitepa.lk.ipb.ac.id
5. Setelah itu calon peserta dapat melakukan transfer biaya pelatihan ke rekening Bank Mandiri atas nama saudara Lukman Taher dengan nomor rekening 133-001-102-493-2. Pembayaran biaya pendaftran harus sesui dengan jenis pelatihan yang diikuti dan katagori calon peserta pelatihan.
6. Bukti pembayaran dan formulir pendaftaran wajib dikirimkan ke email haccpplasma.itp.ipb@gmail.com dengan subjek nama pelatihan_nama. Calon peserta wajib melakukan konfirmasi ulang kepada kontak person masing-masing acara setelah melakukan pengiriman bukti pembayaran dan formulir pendaftaran.

Keterangan :
Ketika CP salah satu acara tidak dapat dihubungi calon peserta seminar atau pelatihan dapat menghubungi CP yang lain.

Download Guidelines dan Form pendaftaran

HACCP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *