Student Association of Food Science and Technology

INKUBASI HIMITEPA 2013

INKUBASI HIMITEPA 2013

`Inkubasi`, istilah  yang satu ini pasti akrab di telinga sahabat himitepa, terutama yang baru saja resmi menjadi pengurus Himitepa. Inkubasi berisi serangkaian acara yang  pastinya akan sangat berguna buat  para pengurus yang nantinya akan mengendalikan pergerakan Himitepa.  Jadi, untuk inkubasi edisi kali ini pesertanya datang  dari ITP  angkatan 47 dan 48. Hal apa saja sih yang dilakukan oleh sahabat kita dari pengurus Himitepa? Yuk, kita simak editorial  berikut ini.

Inkubasi 2013

Acara ini diawali dengan berkumpulnya panitia dan peserta inkubasi untuk berangkat menuju tempat tujuan. Tempat kegiatan ini berada di kawasan kaki gunung salak sekitar Gunung Bunder .  Setelah sampai di lokasi peserta dipersilahkan untuk menyimpan barang-barang di tempat istirahat masing-masing dan menikmati suasana sekitar yang sejuk dan asri . Diawali dengan perkenalan oleh peserta maupun panitia untuk memulai keakraban antar anggota . Ada hal unik saat perkenalan dilakukan . Selain menyebutkan nama aslinya, setiap anggota harus menjelaskan “nama gunung” yang didapatkan . Nama tersebut merupakan identitas pengenal selama anggota berada dalam kegiatan ini. Nama gunung tersebut merupakan kata benda yang harus dijelaskan persamaannya dengan karakter yang dimiliki oleh masing-masing anggota. Anggota dikelompokan dalam kelompok kecil berdasarkan suatu golongan jenis kata benda yang ditulis di selembar kertas lalu ditempel ke masing-masing punggung . Anggota mencari kelompok satu sama lain tanpa berbicara dan hanya menunjukkan bahasa tubuh sesuai petunjuk yang didapat. Setelah kelompok tersebut terbentuk lalu pemainan dimulai. Permainan ini berupa petunjuk tentang suatu benda yang diberi oleh panitia berupa tulisan dan harus dipecahkan oleh anggota kelompok untuk ditemukan  di sekitar lokasi. Banyak anggota yang cepat menemukannya , tetapi ada juga yang sulit menemukannya . Sebagai rasa solidaritas antar kelompok , semua anggota mencari petunjuk yang belum ditemukan hingga semua ditemukan .Semua petunjuk memakan waktu yang cukup lama dan memusingkan untuk ditemukan tetapi hal itu tertutupi oleh kerjasama kelompok yang erat , berbagi solusi mengenai petunjuk , saling membantu mencari petunjuk dan terbayarnya rasa penasaran karena petunjuk-petunjuk telah ditemukan. Rasa lelah menyelesaikan permainan memecahkan petunjuk diselingi dengan istirahat dan sholat berjamaah . Peserta Inkubasi  merupakan penerus pengurus Himitepa yang selanjutnya, maka dari itu panitia menyediakan waktu berbagi pengalaman antar angkatan kepengurusan Himitepa dari setiap divisi . Pembahasan yang dibicarakan bermulai dari program kerja yang telah dilaksanakan , prestasi yang telah diraih , solusi terbaik untuk menghadapi masalah di setiap kegiatan hingga kendala yang dihadapi untuk menyelesaikan suatu permaslahan dalam kegiatan . Terlalu bersemangat dan begitu banyak yang ingin disampaikan oleh pengurus sebelumnya maupun yang ingin diketahui pengurus selanjutnya sehingga waktu berbagi pengalaman ditambah agar rasa penasaran setiap anggota tersampaikan .

Inkubasi 2013

Anggota diberikan waktu untuk beristirahat sebelum melanjutkan acara di hari esok . Saat dini hari peserta dibangunkan untuk melanjutkan permainan sebelumnya . Dengan anggota yang sama namun 2 kelompok kecil disatukan. Semua anggota kelompok diberi waktu untuk mencari petunjuk yang berbeda dengan hari sebelumnya . Petunjuk tersebut berupa tulisan yang harus disampaikan kepada sang “kembang api”. Banyak anggota yang tidak bisa mengetahui apa yang dimaksudkan .Ternyata sang “kembang api”adalah seseorang yang dapat menunjukan letak tujuan terakhir dari semua petunjuk dapat ditemukan . Setelah diketahui, sang “kembang api” lalu memberikan petunjuk terakhir. Semua sibuk mencari sesuatu hal dari petunjuk terakhir yang berupa denah tempat. Setelah berkeliling lokasi salah satu dari anggota menemukan benda asing di dalam cerobong asap.Benda tersebut dibungkus oleh plastik. Tak disangka ternyata isi dari plastik tersebut adalah Bendera “HIMITEPA” yang sangat berkesan. Bendera tersebut diberikan oleh pengurus sebelumnya kepada pengurus selanjutnya yang memiliki makna agar pengurus selanjutnya dapat menjaga kepungurusan dengan baik dan benar walaupun banyak tantangan dan rintangan yang akan dihadapi. Semua senang telah dapat menyelesaikan rangkaian permainan selama 2 hari pada acara ini . Hal itu kerena permainan dilakukan bersama-sama, tidak saling menjatuhkan , bersemangat , diplomatif  dan enjoy . Banyak esensi yang didapat dari semua permainan yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan berkunjung ke air terjun yang ditempuh cukup jauh dari lokasi. Air tejun yang sangat tinggi dan dibarengi kebersamaan penuh canda tawa. Peserta bersenang-senang menghabiskan waktu sebelum kegiatan diakhiri .

Inkubasi mungkin hanya berlangsung selama dua hari satu malam. Namun, kita semua berharap acara ini bisa menjadi starter yang baik sehingga bisa mengemulsi kebersamaan pengurus dan men-dopping kinerja pengurus himitepa, dan tak lupa sahabat Himitepa tentunya . 😀

2 thoughts on “INKUBASI HIMITEPA 2013

  1. Himitepa Post author

    Salam kenal Juga Made.
    Salam Hangat dari Himitepa IPB. =D

  2. I MADE ELDY YANA

    tulisannya mantapp… salut sama anak HIMITEPA….
    salam ya saya anak HIMITEPA unhalu Kendari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *