Student Association of Food Science and Technology

NAGASARI

NAGASARI

Halo sobat Food Alert!

Setelah kemarin kita membahas mengenai wedang uwuh dan tauco, kali ini kita akan membahas produk pangan khas Indonesia yang berikutnya. Masih dari daerah Jawa Barat, pangan yang satu ini cukup terkenal karena banyak terdapat di pasar. Orang-orang menggolongkan pangan ini sebagai “jajanan basah” dengan ciri khas teksturnya yang liat dan kenyal, rasa yang manis, diisi dengan daging buah pisang dan dibungkus daun pandan.

Ya, hari ini kita akan membahas kue nagasari!

1462892888026

Kue nagasari merupakan salah satu pangan khas Indonesia. Kue ini merupakan kue basah dan merupakan pangan yang berasal dari wilayah Jawa Barat. Bahan utama kue nagasari adalah tepung beras, yang juga menjadi agen utama pembentuk teksturnya yang liat. Selain tepung beras, pada pembuatan kue nagasari, sering ditambahkan pula tepung lain seperti tepung tapioka, maizena, sagu, atau hunkue. Penambahan jenis tepung lain akan membantu tepung beras untuk membentuk tekstur dari kue nagasari. Bahan lain yang ditambahkan dalam pembuatan kue nagasari adalah santan, gula, daun pandan, dan garam. Buah pisang digunakan sebagai isian dari kue, sementara daun pandan digunakan untuk membalut kue tersebut selama pengukusan dan penyimpanan.

Adonan kue kemudian dikukus. Selama proses pengukusan, pati yang terkandung di dalam tepung beras dan tepung lain yang ditambahkan akan mengalami gelatinisasi. Setelah dikukus, kue didinginkan di suhu ruang agar terbentuk tekstur produk yang liat dan sedikit kenyal. Proses pengukusan juga mengeluarkan aroma dari daun pandan, sebagian keluar dari daun sementara sebagian lainnya menyerap ke dalam kue.

Berdasarkan bahan pembuatannya, kue nagasari merupakan pangan berkarbohidrat tinggi. Kandungan zat gizi/bungkus nagasari yaitu (± 50 gram/bungkus) energi 216.5 kkal, protein 2.8 g, lemak 5.1 g, karbohidrat 40.5 g, kalsium 14.7 mg, fosfor 50.3 mg, dan besi 0.3 mg (Disparbud 2012).

Demikian penjelasan singkat mengenai kue nagasari. Kalau kamu sedang berada di Jawa Barat, jangan sungkan-sungkan untuk mencicipi kue yang satu ini. Selain rasanya yang enak, energi yang dikandungnya pun cukup tinggi. Semoga kamu makin tahu!

Sumber
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. 2012. Makanan Tradisional : Nagasari. Ensiklopedia Makanan Khas Jawa Barat . Cirebon (ID): Disparbud Press.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *