Student Association of Food Science and Technology

PRESS RELEASE FOODTALK: TALK WITH THE EXPERTS 2016

PRESS RELEASE FOODTALK: TALK WITH THE EXPERTS 2016

1461850426928

Rangkaian acara Foodtalk yang kedua yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2016 menghadirkan tiga narasumber yang sudah expert dibidang masing-masing. Ketiga narasumber tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS (Dosen dan Peneliti di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB), Ir. Tetty H. Sihombing, MP (Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan BPPOM) dan dr. Angelica Anggunadi Sp.KO. Foodtalk sendiri merupakan acara kerjasama antara HMPPI dan Divisi Profesi Himitepa.

Registrasi acara dimulai pukul 07.30- 08.30, setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC pada kali ini yaitu Gideon Satria Putra S.TP. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyayikan lagu Indonesia Raya. Seperti pada foodtalk pertama, di acara foodtalk kedua yang bertemakan “Stay Healthy with Carbonated Drinks” pada awal acara dilakuakan pemanasan yang akan membuka wawasan menuju acara inti yang dinamakan Sesi “Myth or Fact”. Pertanyaan dari Myth or Fact sendiri berasal dari tema yang akan kita bahas pada acara inti yang terdiri dari lima pertanyaan, dimana peserta akan mengangkat kertas yang bertuliskan Myth atau Fact yang telah diediakan oleh panitia. Dari 180 Peserta yang hadir akan ditunjuk secara acak perwakilan dari tiap jawaban, sehingga yang berhasil menjawab dan mengemukakan alasan dengan benar akan mendapatkan buku yang karangan dari Prof. Made Astawan sendiri.

Sesi pertama foodtalk kali ini adalah pemaparan menegenai kategori dan standardisasi pengaturan dari minuman berkarbonasi BPPOM oleh Ir Tetty H, Sihombing M.P dan dipimpin Dr. Dadi Hidayat Maskar, ST, M.Sc sebagai moderator. Menurut kategori pangan, minuman berkarbonasi masuk kedalam minuman berperisa dengan penambahan CO2 dan memiliki karakterisitik dasar kadar gula minimal 7% sukrosa, atau jika ditulis dengan aturan penomoran BPPOM (14.1.4). Sesi pertama ditutup dengan lima pertanyaan yang diajukan oleh peserta mengenai kategori pangan dari carbonated drink, pelabelan, dan acuaan kapan menggunakan standar SNI atau standar BPPOM.

Sebelum acara berlajut ke sesi dua terdapat hiburan dari grup musik Hexapella yang berhasil membius penonton dengan suara dan koreografi dari dua lagu andalan dari grup musik tersebut. Sesi kedua foodtalk dibuka dengan pemaparan “Mengungkap Mitos dan Fakta di Balik Minuman Berkarbonasi” oleh Prof. Ir. Made Astawan, MS dengan moderator yang sama yaitu Dr. Dadi Hidayat Maskar, ST, M.Sc. Menurut Prof. Made minuman berkarbonasi mempunyai empat manfaat yaitu sebagai fungsi hidrasi karena komposisinya terbesarnya adalah air, fungsi menyegarkan, fungsi menyenangkan dan fungsi sebagai nutrisi karena gula pada minuman ringan setara dengan gula dalam jus jeruk, serta tips-tips menkomsumsi minuman ringan yang bijak.

Lalu diteruskan oleh pemaparan materi dengan tema “Aktivitas Fisik untuk Hidup yang Aktif dan Produktif” oleh dr. Angelica Anggunadi, Sp. KO. Menurut dr. Angelica, penyakit bukan serta merta datang dari makanan tapi juga karena kurannya aktivitas fisik. Aktivitas fisik tidak harus selalu dilakukan dengan pergi ke tempat kebugaran namun bisa dilakukan dengan latihan fisik ringan di rumah, di kantor, di kampus, dan kapanpun saat menonton televisi, memasak, mengerjakan tugas dan masih banyak yang lain. Kuncinya adalah “ Sit less and move on”. Sesi kedua ditutup dengan enam pertanyaan dari peserta mengenai meminum minuman berkarbonasi saat perut kosong membuat sakit perut yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan minuman ringan hanya saja berkaitan dengan pH didalam lambung, interaksi antara permen mint dan minuman ringan yang merupakan mitos, dan tips meminum minuman ringan secara bijak serta pertanyaan mengenai aktivitas fisik yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Acara pamungkas yaitu post test dari panitia untuk peserta, penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan kepada ketiga pembicara hebat pada acara kali ini. Acara selesai pada pukul 12.30 dengan pembagian goodybag, sertifikat, dan makan siang bagi peserta. Prof Made menutup rangaian acara kali dengan kalimat “ There are no good or bad food, just good or bad diets” .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *