Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE] HARI DEPARTEMEN ITP IPB 2016

[PRESS RELEASE] HARI DEPARTEMEN ITP IPB 2016

[PRESS RELEASE] HARI DEPARTEMEN ITP IPB 2016

Departemen ITP Fateta IPB memiliki kegiatan rutin setiap tahunnya yang bernama Hari Departemen (hardep) ITP. Hardep ITP dilaksanakan setiap 24 Agustus yang pelaksanaannya diselenggarakan oleh departemen berkolaborasi dengan panitia BAUR. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan mengenai ITP dan kiat-kiat sukses studi di ITP kepada mahasiswa ITP yang akan mulai menjalani kuliah di departemen setelah setahun di PPKU.

Rabu, 24 Agustus 2016 hardep ITP telah dilaksanakan dengan sasaran pesertanya, yaitu mahasiswa ITP angkatan 52. Acara dimulai dengan pembukaan MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Iqbal ITP 51. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia BAUR 2016 Gingerbread M. Jafar Nursalim, dilanjutkan sambutan oleh Ketua Himitepa Fadhil Bayu.

Setelah itu absensi kehadiran AK dan pembukaan BAUR 2016 secara resmi oleh Ketua Departemen ITP Dr. Ir. Feri Kusnandar, MSc. Pak Feri juga menjabarkan tujuan kegiatan Penjelasan departemen ITP, program studi Teknologi Pangan, skor BAN PT ITP: 390 mulai tahun 2010, penjelasan visi dan misi ITP, perkembangan departemen ITP, profesi, kurikulum, dan penyelenggaraan teknologi pangan. Pak Feri mengemasnya dalam materi sehari bersama Departemen ITP. Setelah penyampaian materi, berlangsung tanya jawab yang dapat ditarik kesimpulan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan untuk dapat sukses di ITP, yaitu self evaluation artinya kita harus memahami betul kemampuan diri masing-masing dan tujuan kita kuliah di ITP. Semua mata kuliah yang ada di ITP mencakup semua aspek dalam teknologi pangan dan semuanya penting, namun mahasiswa tidak perlu khawatir, karena di akhir masa studi dapat lebih diperkuat dengan pilihan maganag atau penelitian. ITP membuka kelas mata kuliah tertentu yang berbahasa Inggris. Mahasiswa tidak perlu takut, karena bahasa Inggris sangat penting untuk kedepannya.

Sebelum beranjak ke pembicara selanjutnya, ada hiburan yang menarik dari mahasiswa ITP 51 yang juga merupakan panitia BAUR 2016 Gingerbread Ica Candra Rambadiana, yaitu “BAUR PINTAR”. Selanjutnya, acara diisi oleh Dr. Eko Hari Purnomo STP, Msc dengan materi The Importance of Soft Skills. Materinya berisi, antara lain pentingnya hard skillls, soft skills, dan organization social, lembaga-lembaga yang mempertimbangkan soft skills, dan penjelasan mengenai 10 skills for the future workforce, kompetisi di lokal dan internasional.

P_20160824_111814_1

Pembicara ketiga adalah Dr. Ir. Nurheni Sri Palupi, MSi dengan materinya, yaitu kiat sukses belajar di prodi Tekpang. Ibu Nurheni menjelaskan teknik belajar yang efektif yaitu belajar dengan senang, terjadwal dengan baik, dll. Lalu penjelasan sukses belajar terdiri dari pra, proses, dan pasca.

P_20160824_121052

Acara selanjutnya, yaitu penjelasan materi oleh Dr. Nugraha Edi STP, DEA. Materi yang disampaikan antara lain, penjelasan IPK, Atitude dan kemampuan akademik serta peluang kerja, penjelasan aktif di kegiatan ekstra-kurikuler dan bentuk kegiatan ekstra-kurikuler, penjelasan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan serta program kerja dan kegiatan kompetensi unggulannya, penjelasan mengenai bentuk-bentuk kreativitas mahasiswa seperti Pimnas, Jurnal Ilmiah, dan penjelasan transkrip ekstra/ko-rikuler mahasiswa.

Pembicara terakhir, yaitu  Dr. Puspo Edi Giriwono, STP, M.Agr yang membawakan materi International Mobility Student. Materi yang disampaikan antara lain, penjelasan International Student Exchange seperti AIMS, AIMS like, Short course, dan penjelasan mengenai rekruitmennya, syarat-syaratnya apa saja, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, fasilitas yang didapatkan, dan manfaat dari student exchange.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *