Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE KEGIATAN SAHABAT SEKOLAH] Kebersihan Diri dan Pangan Sehat serta Aman

[PRESS RELEASE KEGIATAN SAHABAT SEKOLAH] Kebersihan Diri dan Pangan Sehat serta Aman

PRESS RELEASE KEGIATAN
SAHABAT SEKOLAH
“Kebersihan Diri dan Pangan Sehat serta Aman”

Sahabat Sekolah telah melakukan turun sekolah untuk ketiga kalinya di SDN Balungbang Jaya 1 dan SDN Balungbang Jaya 2 pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016 lalu. Kali ini Sahabat Sekolah dibantu oleh para volunteer yang telah direkrut sebelumnya. Agenda Sahabat Sekolah dan volunteer berbeda dari biasanya, yaitu mengusung tema kebersihan diri dan jajanan sehat dan dilaksanakan secara indoor dan outdoor. Sasaran kegiatan merupakan siswa-siswi kelas 3, 4, 5, dan 6.

screenshot_2016-10-19-15-16-41_1

Kegiatan diawali dengan memberi materi kepada para siswa di kelas. Materi yang diberikan berupa cara menggosok gigi yang baik, mencuci tangan yang baik, dan memilih jajanan sehat. Siswa-siswi diajarkan menggosok gigi yang baik dengan mendemonstrasikan cara menggosok gigi di depan kelas menggunakan phantom gigi. Lagu cuci tangan yang pernah diajarkan pada turun sekolah sebelumnya diajarkan kembali agar siswa-siswi dapat memahami dan menghafal lagu cuci tangan dan mempraktikan cuci tangan dengan baik sesuai gerakan lagu. Siswa-siswi diajak berdiskusi mengenai ciri-ciri jajanan yang sehat dan aman.

screenshot_2016-10-19-15-16-56_1

Setelah materi diberikan, siswa-siswi diajak untuk bermain games. Siswa-siswi kelas 4 dan 5 bermain games outdoor di halaman depan sekolah, sedangkan kelas 3 dan 6 bermain games indoor di kelas. Games indoor untuk kelas 3 adalah mewarnai potongan gambar mengenai jajanan sehat dan aman. Siswa-siswi kemudian menempelkan potongan-potongan gambar tersebut di depan kelas agar membentuk suatu gambar yang utuh. Mereka kemudian diminta untuk menceritakan mengenai makna gambar yang telah mereka warnai dan susun tersebut. Games indoor untuk kelas 6 adalah tebak kalimat melalui gambar. Mereka diminta untuk menebak suatu kalimat padu berdasarkan gambar pada papan tulis.

screenshot_2016-10-19-15-28-51_1

Siswa-siswi kelas 4 dan 5 bermain games outdoor yang terdiri dari empat pos. Sebelumnya siswa-siswi telah dibagi menjadi empat kelompok tiap kelas. Pos pertama merupakan pos senam. Pos kedua merupakan pos bisik-bisik manja. Di pos ini siswa-siswi akan meneruskan pesan dengan berbisik pada teman sekelompoknya secara berantai.Pos ketiga merupakan pos icip-icip. Setiap kelompok berlomba mengumpulkan poin dalam menebak rasa jus bubuk dalam keadaan mata tertutup. Pos terakhir merupakn pos ambil kertas dalam tepung. Siswa-siswi bermain games dengan mengambil kertas dalm baskom berisi tepung, namun kertas yang dihitung poin hanya kertas berisi nama-nama makanan saja. Kegiatan diakhiri dengan membagikan susu gratis dan minum susu bersama di kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *