Student Association of Food Science and Technology

KEGIATAN SAHABAT SEKOLAH “Kepedulian Pangan sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”

KEGIATAN SAHABAT SEKOLAH “Kepedulian Pangan sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”

Sahabat Sekolah merupakan salah satu bagian dari program kerja Divisi Peduli Pangan Indonesia Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. Kegiatan Sahabat Sekolah dilaksanakan oleh anggota Divisi Peduli Pangan Indonesia (DPPI) serta Ksatria Peduli Pangan (Kapangan) yang telah dipilih sebelumnya yang berasal dari mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan. Sahabat Sekolah merupakan program penyuluhan rutin yang dikhususkan untuk siswa sekolah dasar di Bogor. Kegiatan Sahabat Sekolah dilaksanakan melalui kegiatan edukasi mengenai keamanan pangan, perilaku hidup bersih dan sehat, pentingnya makanan yang aman, bergizi, dan berimbang.

Screenshot_2016-03-21-18-36-16_1

Kegiatan Sahabat Sekolah yang pertama diadakan pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 pukul 08.00 sampai 10.00 WIB di SDN Balungbang Jaya 1 dengan sasaran siswa-siswi kelas 3 dan 4 bertemakan “Sarapan Sehat”. Kegiatan diawali dengan perkenalan diri kepada siswa-siswi dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu cuci tangan bersama-sama. Acara selanjutnya adalah bermain games eat bulaga bertemakan sarapan. Setiap kelas dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan baris tempat duduk. Setiap kelompok mengirimkan dua orang untuk bermain games.

Screenshot_2016-03-22-09-29-04_1

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi singkat mengenai sarapan sehat. Siswa-siswi diajarkan mengenai menu-menu sarapan dan makanan sehari-harinya untuk memenuhi gizi sehat seimbang. Siswa-siswi juga dihimbau untuk membawa bekal ke sekolah untuk mengurangi jajanan di sekolah. Setiap siswa yang mau maju ke depan untuk menjawab pertanyaan maupun menceritakan sarapan paginya akan diberikan hadiah buku tulis.Screenshot_2016-03-21-18-36-55_1

Kegiatan selanjutnya adalah bermain games gambar berantai. Games ini membutuhkan lima orang setiap kelompoknya untuk berbaris di depan kelas. Siswa pertama diberikan suatu menu sarapan dan diminta untuk menggambar dan ditunjukkan ke teman di belakangnya kemudian digambar oleh temannya dan ditunjukkan kembali ke teman di belakangnya, begitu seterusnya secara berantai hingga akhirnya gambar akan ditebak oleh siswa terakhir. Kelompok kemudian diberikan nilai berdasarkan keakuratan siswa terakhir dalam menebak menu makanan yang dimaksud.Screenshot_2016-03-22-09-33-02_1

Acara terakhir merupakan makan bersama dan pemberian hadiah. Setiap siswa diberikan susu kotak dan brownies untuk sarapan. Pemberian hadiah dilakukan pada akhir acara dengan membagikan hadiah berupa makanan ringan.

Screenshot_2016-03-21-18-37-08_1Screenshot_2016-03-21-20-03-38_1

One thought on “KEGIATAN SAHABAT SEKOLAH “Kepedulian Pangan sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *