Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE] Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan XXIV (LCTIP XXIV) dan National FoodTech Seminar

[PRESS RELEASE] Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan XXIV (LCTIP XXIV) dan National FoodTech Seminar

[PRESS RELEASE] Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan XXIV (LCTIP XXIV) dan National FoodTech Seminar

blvfxv2dxec

Dramaga, Jawa Barat – 9 Oktober 2016. Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan XXIV (LCTIP XXIV) merupakan acara terbesar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (Himitepa). Tahun ini, LCTIP XXIV kembali diadakan untuk kedua puluh empat kalinya. Tema yang diusung adalah “Embracing Herbs and Spices as Indigenous Functional Food”, dengan tiga kegiatan utama yaitu Food Expo, Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan, dan National FoodTech Seminar. Rangkaian kegiatan LCTIP XXIV ini dilaksanakan selama 4 hari. Diawali dari Food Expo pada 6-9 Oktober 2016, Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan pada 8-9 Oktober 2016, dan National FoodTech Seminar sekaligus babak final dari Lomba Cepat Tepat Ilmu Pangan pada 9 Oktober 2016.

Food Expo merupakan bentuk aksi nyata yang memperkenalkan ilmu dan teknologi pangan melalui mini-bazaar dari Himitepa Corporation serta hasil produk inovasi mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB. Food Expo digelar di node Sapta Fakultas Teknologi Pertanian pada tanggal 6-7 Oktober 2016. Mahasiswa yang berada disekitar lokasi mengunjungi booth expo. Tidak hanya produk mahasiswa, produk dari berbagai pihak sponsor juga ikut meramaikan Food Expo LCTIP XXIV. Lokasi Food Expo kemudian berpindah pada tanggal 8-9 Oktober. Pada tanggal tersebut, lokasi Food Expo ditempatkan di sekitar pelataran Auditorium GMSK dan kemudian di pelataran Auditorium Andi Hakim Nasoetion, lokasi di mana acara LCTIP XXIV dan National FoodTech Seminar berlangsung. Food Expo dinilai menarik perhatian peserta LCTIP XXIV, peserta National FoodTech Seminar, dan mahasiswa. Mengingat beragamnya variasi produk yang ditampilkan oleh kesepuluh booth. bls2rfhdmi9

LCTIP XXIV merupakan rangkaian lomba nasional untuk kalangan pelajar SMA/MA/SMK dan Sederajat se-Indonesia dalam bentuk tim. Satu tim terdiri atas tiga orang siswa/i. Lomba ini mengasah kemampuan peserta dalam ilmu sains dasar, ilmu pangan terapan, dan ketangkasan dalam cepat tepat. Bertempat di Institut Pertanian Bogor (IPB), lomba ini dilaksanakan dengan total peserta sebanyak 103 tim dari seluruh Indonesia. Sebelum diundang ke IPB, 103 tim sudah mengikuti babak seleksi pertama yaitu online test dan lolos ke babak selanjutnya. Pada tanggal 8 Oktober 2016, seluruh peserta LCTIP XXIV mengikuti babak penyisihan di gedung RK V Fakultas Teknologi Pertanian. Sebanyak 40 tim lolos dan berhak mengikuti babak perempat final. Kompetisi dilanjutkan hingga meloloskan 12 tim yang maju ke babak semifinal. Babak semifinal kemudian dilaksanakan pada hari selanjutnya, yaitu 9 Oktober 2016. 

Pada tanggal 9 Oktober 2016 bertepatan dengan National FoodTech Seminar, 12 tim yang lolos mengikuti babak semifinal hingga menyisakan 3 tim pada babak final. Tim yang berhasil memasuki babak final yaitu SMAKBO tim 2, SMAKBO tim 4, dan SMAN 2 Bandar Lampung Tim A. Piala bergilir LCTIP XXIV kemudian dimenangkan oleh SMAN 2 Bandar Lampung tim A, menyusul dengan SMAKBO tim 4 dan SMAKBO tim 2 sebagai juara kedua dan ketiga. Juara satu LCTIP XXIV berhak mendapatkan golden ticket masuk departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB tanpa test dan uang tunai sebesar lima juta rupiah.

blu3wjgjjzh

Rangkaian acara LCTIP XXIV tersebut, yakni Final LCTIP XXIV dan National FoodTech Seminar, diakhiri di Auditorium Andi Hakim Nasution IPB, Dramaga, Bogor. Sejumlah pembicara terkenal dan dinilai berkompeten di bidangnya, mulai dari dosen hingga pihak industri, diundang pada seminar ini. Pembicara National FoodTech Seminar antara lain Prof. Dr. F.G. Winarno selaku Master of Food Science and Technology sebagai keynote speaker, Prof. Dr. Nuri Andarwulan dari SEAFAST Center IPB yang dimoderatori oleh Andro F. Situmorang dengan subtema Health Benefits and Processing Technology of Herbs and Spices Based Food pada sesi pertama, dan Ibu Any Wahyuningsih dari PT Mustika Ratu Tbk beserta Dr. Tjahja Muhandri, STP.MT yang dimoderatori oleh Dias Erfan dengan subtema Advancing AEC Through the Potency of Herbs and Spices Based Food pada sesi kedua.

bluxd39dhsh

Acara berlangsung meriah dengan hadirnya penampilan tari tradisional dari Elodea. Peserta juga dibawa takjub oleh penampilan grup vokal dari Hexapella yang merupakan pemenang IPB Art Contest. Selain mendapatkan pengetahuan mengenai “Herb and Spices” dan goodiebag berisi produk-produk dari pihak sponsor dan media partner LCTIP XXIV, para peserta National FoodTech Seminar juga menjadi saksi pembawa piala bergilir LCTIP XXIV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *