Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE] PEMILIHAN KOMTI DAN KETANG ITP 52

[PRESS RELEASE] PEMILIHAN KOMTI DAN KETANG ITP 52

1463190233186

Salah satu kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB adalah memilih Komti (Komisaris Tinggi) dan Ketang (Ketua Angkatan) dari setiap angkatan. Pemilihan Komti dan Ketang ini dilaksanakan saat peserta pemilihan masih di bangku Tingkat Persiapan Bersama atau saat ini Program Kompetensi Umum.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Mei 2016 oleh panitia BAUR Ginger Bread 2016 yang merupakan mahasiswa ITP angkatan 51. Sementara, peserta pemilihan Komti dan Ketang adalah mahasiswa ITP angkatan 52. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa ITP angkatan 49 Gilang sebagai Komti, Zein mahasiswa ITP angkatan 49 sebagai Ketang, dan Aufar mahasisawa ITP angkatan 50 sebagai Ketang ITP . Gilang, Zein dan Aufar memberikan statement/wejangan untuk ITP angkatan 52.

Statement pertama, yaitu dari Gilang. Gilang menjelaskan tugas-tugas Komti dan memberi motivasi kepada ITP 52. Gilang menceritakan pengalaman dan suka duka menjadi komti ITP 49. Selain itu, Gilang juga menjelaskan tugas-tugas Ketang, memberikan tips-tips menjadi ketang dan komti yang baik., dan memberikan kesempatan untuk calon komti dan ketang untuk memberikan pertanyaan.

Statement kedua, yaitu dari aufar menjelaskan bagaimana menjadi ketang yang baik. “Ketua angkatan nggak akan jadi ketua angkatan yang hebat tanpa dukungan dari angkatan itu sendiri”, quotes dari kak Aufar.

Statement ketiga , yaitu dari komti 51 Iqbal Fanani Gunawan. Iqbal memulai dengan meneriakkan jargon ITP “ITP We Are The Best! ITP kompak! ITP we are the best kompak yes!”. Iqbal menjelaskan makna dari jargon ini, bahwa jargon ini tidak hanya sekedar untuk diteriakkan, namun tunjukkan bahwa ITP memang yang terbaik dan kompak. Motivasi juga tak lupa disampaikan kepada ITP 52 agar menjadi angkatan yang baik.

Statement terakhir dari Zein ketang 49. Zein memberikan tips agar angkatan itu kompak, yaitu tingkatkan intensitas komunikasi antar personal satu angkata! Tak lupa dengan semangat, Zein memimpin jargon ITP.

Kegiatan ini sangat menarik, karena ada pembagiaan doorprize bagi ITP 52 yang bisa menjawab pertanyaan dari MC.

Iqbal selaku divisi acara menjelaskan teknis pemilihan komti dan ketang ITP angkatan 52, bahwa pemilihan komti dan ketang ITP angkatan 52 ini hanya dapat dilaksanakan jika jumlah peserta ITP 52 yang hadir 2/3 dari total angkatan 52, yaitu 71 orang. Peserta pemilihan pun dapat mencapai kuota minimal tersebut dan kegiatan inipun dapat dilaksanakan.

Tiba saatnya masing-masing calon Komti dan Ketang ITP 52 memaparkan visi dan misinya. Pertama, visi misi M. Hanif Arifin (calon ketang) Visi : menumbuhkan kreativitas. Misi : menjadikan ITP 52 superteam dengan mempersatukan angkatan walaupun berbeda2 latar belakang. Harapan Hanif adalah semoga bisa mengemban amanah dan penghubung antar angkatan ITP yang baik.
Visi misi Bimo Prakoso (calon komti), visi : Menjadi jembatan antara petinggi dan dosen Fateta serta memperat ikatan antara Mahasiswa ITP 52 dan staff serta dosen Fateta. Misi : Melayani Mahasiswa ITP 52 dalam kebutuhan akademik dan administrasinya dengan pihak dosen serta petinggi Fateta.
Visi misi Dellania (calon ketang) visi : synergizing (membuat angkatan sinergis). Misi : Menurutnya, dia bukan tipe orang yang berorientasi pada jabatan. Pemimpin tanpa support anggotanya juga bukan apa-apa, ujarnya. Dellania berpesan bahwa pilihlah pemimpin dengan bijaksana.

Setelah memaparkan visi misinya, calon Komti dan Ketang diberi pertanyaan oleh peserta pemilihan. Sesi pertanyaan ditujukan untuk 3 orang calon.
Pertanyaan pertama dari ITP 52 : Apa arti sebuah persaingan sehingga anda berjuang untuk mengemban amanah sebagai komti atau ketang?
Bimo : memenuhi kewajiban untuk anggotanya
Dellania : saya suka berkompetisi, namun dengan tujuan yang baik sesuai prinsip masing2 orang. Untuk memotivasi diri sendiri, keberanian mengambil resiko, memperbaiki diri.
Hanif : saya tidak merasa berkompetisi. selagi masih bisa, saya akan berkontribusi untuk orang banyak.

Pertanyaan kedua, apakah rela meninggalkan akademik demi tugas sebagai komti/ketang
Bimo : rela
Dellania : harus rela
Hanif : rela

Pertanyaan dari ITP 51 apakah mau ditukar komti/ketang
Bimo : tidak
Dellania : tidak
Hanif : iya

Musyawarah dipimpin oleh moderator dari salah satu mahasiswa dari ITP 52 dan didampingi oleh beberapa mahasiswa ITP 51, namun tidak terlibat dalam musyawarah. Peserta musyawara, yaitu ITP 52 menyampaikan pendapatnya mengenai calon komti/ketang yang dipilihnya berdasarkan track record masin-masing calon komti/ketang. Banyak argumen dilontarkan oleh peserta musyawarah.

Setelah bermusyawarah, akhirnya terpilihlah Komti ITP angkatan 52, yaitu Bimo dan Ketang ITP angkatan 52 adalah Hanif. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian simbolis kepada Hanif sebagai Ketang dan Bimo sebagai Komti ITP angkatan 52, pemutaran video teaser BAUR Ginger Bread 2016, serta photo session.

1463190461944

1463190524879

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *