Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE SAHABAT DESA] “TRIAL PEMBUATAN DAN SIMULASI PRODUKSI STIK UBI “QYUBI” DI DESA CIBANTENG”

[PRESS RELEASE SAHABAT DESA] “TRIAL PEMBUATAN DAN SIMULASI PRODUKSI STIK UBI “QYUBI” DI DESA CIBANTENG”

[PRESS RELEASE SAHABAT DESA]
“TRIAL PEMBUATAN DAN SIMULASI PRODUKSI STIK UBI “QYUBI” DI DESA CIBANTENG”

screenshot_2016-10-01-11-46-07_1

Pada hari Sabtu, 24 September 2016 Ksatria sahabat desa yang tergabung dalam KAPANGAN (Ksatria Peduli Pangan) melakukan turun desa yang kedua kalinya. Turun desa kedua ini masih di desa Cibanteng. Agenda turun desa yang kedua ini adalah trial pembuatan dan simulasi produksi stik ubi “Qyubi”. Acara dimulai pada pukul 09.00-13.30 WIB.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari salah satu perwakilan dari sahabat desa dan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala Posdaya Alam Mandiri pak Ansar Nusi. Dalam sambutannya pak Ansar Nusi juga meresmikan pembentukan KWT (Kelompok Wanita Tani) Alam Mandiri yang merupakan usulan dari sahabat desa pada turun desa sebelumnya. Acara dilanjutkan dengan penjelasan simulasi produksi stik ubi oleh salah satu sahabat desa.

screenshot_2016-10-01-11-46-43_1

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi produksi yang dilakukan oleh ibu-ibu desa yang didampingi oleh para sahabat desa. Kegiatan simulasi ini dimulai dengan pembagian tugas kepada ibu-ibu desa seperti mengupas dan menimbang bahan, menguleni adonan, mencetak adonan dan menggoreng stik ubi. Setiap bagian dalam kegiatan trial produksi selalu didampingi oleh para sahabat desa. Para Sahabat desa menjelaskan detail pembuatan stik ubi kepada ibu-ibu desa secara langsug selama kegiatan proses trial.

Setelah proses produksi selesai, dilakukan penimbangan dan pengemasan stik ubi. Stik ubi ini dikemas dalam 2 kemasan dengan berat yaang berbeda. Kemasan pertama mempunyai berat 100 gram dan kemasan kedua 50 gram. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penentuan HPP ( Harga Pokok Produksi) stik ubi.

screenshot_2016-10-01-11-47-30_1

Kegiatan trial dan simulasi produksi berakhir pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan ditutup dengan berpamitan kepada ibu-ibu desa dan Pak Ansar Nusi selaku Ketua Posdaya Alam Mandiri. Pak Ansar Nusi berharap produk ini dapat dikenal oleh masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan warga Cibanteng terutama anggota Posdaya Alam Mandiri itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *