Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE] Sahabat Sekolah – Sarapan Sehat Bergizi Seimbang

[PRESS RELEASE] Sahabat Sekolah – Sarapan Sehat Bergizi Seimbang

Pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 Ksatria Sahabat Sekolah telah melakukan turun sekolah untuk kedua kalinya. Turun sekolah kali ini masih bertemakan Sarapan Sehat Bergizi Seimbang, namun dilaksanakan di SDN 2 Balungbangjaya. Sasaran kegiatan sahabat sekolah adalah siswa-siswi kelas 3, 4, dan 5. Kegiatan dilakukan dari pukul 08.00-10.00 WIB.

IMG_20160520_085118

Kegiatan diawali dengan perkenalan Ksatria Sahabat Sekolah kepada siswa-siswi kemudian dilajutkan bermain puzzle. Puzzle yang digunakan bergambar makanan sehari-hari. Setelah berhasil menyusun puzzle, siswa-siswi diminta untuk mengelompokkan makanan yang ada pada gambar apakah termasuk makanan pokok, lauk, sayur, buah, air, maupun susu. Siswa-siswi kemudian diminta menyebutkan makanan-makanan lain yang termasuk kelompok makanan tersebut.

IMG_20160520_085154

 

IMG_20160520_085243

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian mengenai pentinganya sarapan dan makan makanan bergizi seimbang. Siswa-siswi juga diajarkan untuk tidak melupakan konsumsi air mineral yang cukup serta berolahraga setiap hari. Siswa-siswi kemudian diajarkan menyanyikan lagu cuci tangan.

IMG_20160520_091321

Kegiatan selanjutnya adalah bermain mengoper bola. Permainan ini dilakukan dengan mengoper bola sambil menyanyikan lagu cuci tangan yang telah diajarkan sebelumnya. Siswa yang mendapatkan bola saat lagu berhenti dinyanyikan harus menjawab pertanyaan terkait materi yang diberikan, apabila berhasil menjawab akan mendapatkan hadiah makanan dan origami. Hadiah juga diberikan pada siswa yang menyanyikan lagu cuci tangan paling semangat dengan gerakan yang telah diajarkan. Permainan dilakukan hingga terdapat lima siswa yang mendapatkan hadiah. Siswa-siswi yang mendapatkan kertas origami kemudian diminta membuka lipatan kertas origami dan menyusun kata-kata pada kelima kertas origami di depan kelas menjadi satu kalimat. Kalimat yang disusun merupakan ajakan kepada siswa-siswi untuk selalu sarapan dengan gizi seimbang setiap harinya. Kegiatan ditutup dengan membagikan susu kepada setiap siswa dan mengajak mereka untuk doa bersama sebelum meminum susu yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *