Student Association of Food Science and Technology

[PRESS RELEASE] WORKSHOP DSDC 2016

[PRESS RELEASE] WORKSHOP DSDC 2016

PRESS RELEASE WORKSHOP DSDC 2016

1476748752869

Sabtu (15/10) telah dilaksanakan kegiatan Workshop DSDC bertempat di Ruang Kuliah B 102/103 pukul 09.10 – 11.15 WIB. Kegiatan ini dibawakan oleh Farras Muhana dan Anissa Angga Apriliani, mahasiswa ITP 51. Acara ini dihadiri oleh tiga pembicara yaitu Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc. selaku dosen departemen Ilmu dan Teknologi Pangan serta Cynthia Andriani dan Michael Liong selaku alumni ITP yang pernah mengikuti final DSDC. Acara Workshop DSDC ini merupakan salah satu program kerja Divisi Profesi HIMITEPA.

Acara dimulai pukul 09.10 dan diawali dengan pembukaan acara oleh MC yaitu Farras Muhana (ITP 51) dan Anissa Angga Apriliani (ITP 51). Kedua MC memulai acara dengan perkenalan diri dan mengenalkan jargon untuk acara ini yaitu “Let’s go to Las Vegas!”. MC menyampaikan penjelasan singkat mengenai acara Workshop DSDC. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana yaitu Hafsah Safira Fatihati, dilanjutkan oleh sambutan ketua HIMITEPA yaitu Fadhil Bayu Pratama dan sambutan oleh Dr. Ir. Feri Kusnandar, M.Sc selaku dosen dari departemen Ilmu dan Teknologi Pangan. MC kembali membangkitkan semangat peserta dengan jargon workshop DSDC.1476748779901

Dalam acara ini, dibagi menjadi dua sesi talkshow. Sesi pertama merupakan penjelasan secara umum mengenai perlombaan DSDC, teknis mengikuti lomba, dan aturan yang berlaku untuk perlombaan tersebut oleh Pak Feri selaku dosen departemen Ilmu dan Teknologi Pangan. Sesi ini dimoderatori oleh Vionabela Bunga Nareswari (ITP 51). Dalam sesi ini Pak Feri membawakan materi “Pembekalan Mengikuti Kompetisi DSDC IFTSA 2017”. Menurut Pak Feri, hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa ITP yang berencana untuk mengikuti kompetisi ini antara lain mencari rekan tim yang memiliki teamwork yang baik dan diutamakan memiliki skil bahasa Inggris yang bagus, mencari ide yang out of the box, dan membaca guideline dengan teliti. Akan lebih baik lagi apabila kombinasi angkatan anggota dalam satu tim agar ada regenerasi dan biasanya mahasiwa yang sudah melakukan Praktikum Terpadu lebih mengerti mengenai hal-hal seperti marketing maupun pemrosesannya. Selain itu Pak Feri juga menyampaikan bahwa para mahasiswa ITP yang berkeinginan mengikuti lomba ini agar memanfaatkan pengalaman yang sudah didapat oleh Kak Michael Liong dan Kak Cynthia. Setelah penjelasan dari Pak Feri, dibuka sesi tanya jawab dengan peserta workshop. Sesi pertama diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada Pak Feri. 

Sesi kedua merupakan ajang sharing alumni finalis DSDC. Pada sesi ini diisi oleh dua alumni Ilmu dan Teknologi Pangan angkatan 48 yang juga finalis DSDC pada tahun 2015 yaitu Michael Liong dan Chintya Andriani. Moderator pada sesi ini adalah Mahardhika Adi Nugraha (ITP 51). Materi pertama disampaikan oleh Kak Cynthia. Dalam kesempatan ini, Kak Cynthia banyak berbagi pengalaman selama mengikuti kegiatan kompetisi tersebut, mulai dari proses pemilihan tema, prosedur yang harus dilalui selama kompetisi, dan hasil yang didapatkan dari kompetisi tersebut. Menurutnya, ide dapat diperoleh dari kata-kata kunci yang berhubungan dari tema yang ditentukan. Misalnya dengan tema yang telah ditentukan tahun ini, dapat diambil salah satu kata kuncinya yaitu “by product”. Materi kedua dibawakan oleh Michael Liong, yang merupakan rekan satu tim Kak Cynthia ketika lolos final DSDC di Las Vegas. Kak Michael lebih membahas mengenai struktur penulisan paper itu sendiri. Karena menurutnya format penulisan paper harus benar dan sesuai dengan format yang tertera pada guideline. Penting bagi setiap mahasiswa yang tertarik mengikuti kompetisi ini untuk membaca guideline dengan cermat. Karena kompetisi DSDC ini merupakan kompetisi taraf Internasional, maka Kak Michael menekankan agar paling tidak dalam satu tim terdapat satu orang yang menguasai bahasa Inggris dengan sangat baik yang tentunya akan berguna apabila tim tersebut lolos ke Annual IFT Meeting. Setelah materi dari Kak Michael selesai, dilakukan sesi tanya jawab dengan peserta. Sesi kedua diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada kedua pembicara. Acara ini diakhiri dengan hiburan dari Adistiya Ika dan M. Iqbal Fanani. Pukul 11.15 acara ditutup oleh MC dengan jargon Workshop DSDC.

1476748756373

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *