Student Association of Food Science and Technology

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Halo, Sobat Food Alert!

Siapa yang tidak kenal tempe?

Tempe memang sudah tidak asing di telinga dan lidah kita. Olahan tempe juga sudah sangat sering kita rasakan, mulai dari  tempe goreng, tempe bacem, orek tempe, tempe keripik, dan sebagainya. Salah satu olahan tempe yang terkenal adalah tempe mendoan.

FA-MENDOAN

Tempe mendoan adalah olahan tempe yang cukup populer di Indonesia. Menurut Muhtar (2014), kata mendoan berasal dari bahasa Banyumasan, mendo, yang berarti setengah matang atau lembek. Mendoan berarti memasak dengan minyak panas dan dilakukan dengan cepat sehingga tempe tersebut tidak benar-benar matang. Selain tempe, tahu juga dapat diolah menjadi tahu mendoan.

Mendoan biasa disajikan dalam keadaan panas dengan cabe rawit atau sambel kecap sebagai cocolan. Mendoan dapat dijadikan sebagai lauk atau camilan. Di daerah asalnya, Banyumas dan Tegal, tempe mendoan mudah ditemui di warung-warung tradisional. Pelancong biasa menjadikan mendoan sebagai oleh-oleh khas yang wajib dibawa pulang bila melewati daerah tersebut. Tempe mendoan yang paling terkenal berada di daerah Sawangan, Purwokerto.

Musium Rekor Indonesia mencatat tempe mendoan terbesar berukuran 3 meter kali 10,11 meter. Pembuatan tempe mendoan raksasa ini diprakarsai oleh mantan bupati banyumas, H.M. Aris Setiono, SIP.

Kepopuleran mendoan tak hanya di Banyumas. Makanan ini pun banyak diproduksi di kota lain di Jawa Tengah, seperti Semarang. Namun, mendoan merujuk ke tempe goreng tepung secara umum, bukan tempe yang digoreng kurang matang. Hal ini menimbulkan kerancuan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, mendoan Banyumas menjadi semakin berbeda karena tekstur dan rasanya yang khas, berbeda dari mendoan yang lain.

Membuat tempe mendoan pun tidak rumit, lho. Setyawati (2008) menuliskan cara membuat tempe mendoan yang sangat sederhana. Pertama-tama, siapkan tempe yang mennjadi bahan utama pembuatan tempe mendoan. Di Banyumas, tempe yang digunakan adalah tempe khusus yang lebar-tipis, satu atau dua lembar per bungkus. Namun tempe mendoan bisa juga dibuat menggunakan tempe biasa yang diiris tipis-tipis dan lebar. Campur tepung terigu dan tepung beras. Air, telur dan bumbu halus dimasukkan kemudian diaduk rata. Irisan daun bawang ditambahkan agar rasa dan aromanya sedap. Masukkan tempe ke dalam adonan. Kemudian, panaskan tempe tersebut dengan memasukkan minyak panas sebentar, kemudian angkat. Mudah, bukan?

 

Sekian dulu, deh. Semoga kamu makin tahu,  betapa kaya pangan Indonesia! Cheers :)

 

Sumber

Rarasati R. 2015. Asal mula mendoan, camilan enak dari Purwokerto. [terhubung berkala]. http://citizen6.liputan6.com/read/2377543/asal-mula-mendoan-camilan-enak-dari-purwokerto. Diakses : 22 Mei 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *