APA ITU FPC?

Food Processing Club (FPC) merupakan klub pengembangan produk pangan di bawah naungan Divisi Profesi HIMITEPA. Klub ini dibentuk dengan tujuan menghasilkan inovasi produk pangan yang mampu bersaing di pasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. Kegiatan pengembangan produk pangan yang dilakukan didasarkan pada ilmu dan teknologi pangan yang diperoleh dari perkuliahan dengan aplikasi yang lebih mendalam melalui perencanaan dan praktik produksi secara langsung.

 

VISI

Menjadi pelopor klub pengembangan produk pangan di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB untuk menghasilkan inovasi pangan, serta mampu menjadi wadah pengembangan hard skill dan soft skill bagi anggotanya.

 

MISI

  1. Menjalankan kegiatan pengembangan produk pangan dengan mengaplikasikan teori dan ilmu perkuliahan dalam bentuk praktik langsung.
  2. Menjadi wadah untuk mengembangkan produk pangan inovatif yang mampu bersaing dan dipasarkan.
  3. Mengasah kemampuan kognitif, psikomotorik, serta kemampuan komunikasi intrapersonal dan interpersonal setiap anggota melalui pengembangan produk pangan.

 

FLASHBACK DULU YUK!

Pada tahun 2019, FPC terbagi menjadi dua tim yaitu Dairy Team dan Bakery Team. Di tahun 2020 dibentuk tim baru, yaitu Snacks Team dan Beverages Team, sedangkan pada tahun 2021 ini terbagi menjadi Functional Team dan Instant Team. Functional team bertugas untuk mengembangkan produk pangan yang memberikan manfaat tambahan disamping fungsi gizi dasarnya dalam suatu kelompok masyarakat dan Instant Team bertugas untuk melakukan pengembangan produk pangan yang dapat disajikan dalam waktu yang relatif singkat. 

 

FPC 2021

Ketua : Annisa Noor Rachmawati (ITP 55)

PJ Functional Team : Habibah Ringyang (ITP 55)

PJ Instant Team : Dewi Sekar Wahyuningrum (ITP 55)

 

FPC 2021 diketuai oleh Annisa Noor Rachmawati (ITP 55) dibantu oleh dua penanggung jawab yaitu Habibah Ringyang (ITP 55) dan Dewi Sekar Wahyuningrum (ITP 55) untuk masing-masing team. 

 

APA AJA SIH YANG DILAKUKAN DI FPC?

Kegiatan yang dilakukan oleh FPC seperti inovasi suatu produk pangan, belajar untuk berorganisasi dan negosiasi, pembelajaran khusus oleh dosen ITP, mengikuti lomba karya tulis ilmiah dan sejenisnya, serta publikasi dan marketing. Manfaat yang diperoleh mahasiswa yang bergabung dengan FPC dapat meningkatkan soft skill dan hard skill khususnya di bidang yang berkaitan dengan pangan, membangun relasi, mendapatkan prestasi nasional maupun internasional di bidang inovasi produk pangan, dan masih banyak lagi. 

 

INOVASI PRODUK (2020)

  • Snacks Team
    • Macaronesian (Macarons X Martabak Coklat Kacang)
    • Salted Egg Chips
  • Beverages Team
    • TTM Ajah yang terinspirasi dari Teh Talua (teh telur minuman bangsawan Minang) yang terbuat dari telur, jahe, madu, dan teh hitam
    • Turban Smoothies (Turmeric Banana Smoothies)

 

INOVASI PRODUK (2021)

    • Functional Team
      • Nutori (Nutritional Orietnal Bar) 
      • Kombupi (Kombucha)
    • Instant Team
      • Bangtan (Kembang Tahu Instan)
      • Balupi (Bandrek Celup Instan)
  • Special Product (FPC X LCTIP)

Fruitnid (Fruit Leather by FPC and LCTIP varian mangga)

 

Penasaran seperti apa produknya? Yuk, langsung saja kunjungi official instagram kami @foodprocessingclub (https://instagram.com/foodprocessingclub?utm_medium=copy_link)